Skip to main content

5 Tips Menabung Untuk Mahasiswa yang Ampuh Banget



Assalamualaikum... Hai...
Setelah menjadi mahasiwa, aku pernah ngerasain gimana rasanya nggak punya uang, kiriman belum datang, minta uang sebelum waktunya sama orang tua juga segan tapi udah harus bayar tagihan listrik di kos atau harus nge-print tugas yang lumayan banyak. Disaat itu rasanya sakit banget, lebih sakit dari pada di kasih harapan palsu sama dia, hahaha.
Kita sering merasa uang yang kita punya tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan. Kita sering kehabisan uang sebelum waktunya kita mendapatkan uang lagi. Mari kita pikirkan lagi, kita kehabisan uang karena apa? Karena kita tidak dapat membedakan mana kebutuhan dan mana keinginan. Seringkali kita mendahulukan keinginan yang kebanyakan tidak kita butuhkan. Seperti sering membeli baju atau sepatu yang sedang tren atau kekinian, membeli makanan-makanan yang lagi hits, membeli make up karena keracunan oleh influencer atau bahkan sekadar membeli perintilan-perintilan lucu yang tidak terpakai sama sekali oleh kita.
Karena itu, kita harus mempunyai tabungan dan kita harus dapat memanajemen keuangan kita. Ini bertujuan agar kita bisa menggunakan uang dengan sebaik mungkin dan tidak kehabisan uang sebelum waktunya kita menerima uuang lagi. Dan tentunya kita bisa memiliki tabungan untuk dipergunakan untuk keperluan lain, seperti keperluan mendesak, misalnya saat sakit atau bisa juga digunakan untuk pergi travelling dan jalan-jalan.
Aku bukan ahli di bidang keuangan atau dibidang menabung ini, tapi aku pengen sharing tips-tips yang bisa diaplikasikan oleh kita sebagai mahasiswa dalam menabung sehingga uang kita dapat digunakan dengan baik, atau juga bisa dilakukan oleh orang dengan profesi apapun:

1.      Kamu punya target
Dengan kamu mempunyai target, tentu kamu menjadi lebih bersemangat dalam menabung, contohnya kamu ingin membeli laptop baru, HP baru, kamera atau mau pergi jalan-jalan ke suatu tempat yang belum pernah dikunjungi.
Hal pertama yang dapat kamu lakukan adalah, memiliki 2 akun rekening. Misalnya akun rekening 1  dan akun rekening 2. Bank nya boleh saja disamakan. Rekening 1 bisa digunakan untuk menerima uang atau mengambil uang. Misalnya kiriman dari orang tua, atau gaji bagi yang sudah bekerja. Nah, aku rekening kedua untuk menabung. Namun, pastikan kalau akun rekening kedua tidak memiliki kartu ATM. Cara ini digunakan supaya kamu nggak ada keinginan untuk menarik uang, karena kalau mau menarik uang kamu harus pergi ke Bank nya langsung.

2.      Menulis semua rincian pemasukan dan pengeluaran
Selain itu, kamu juga harus menulis apa saja yang menjadi pengeluaran kamu per bulan. Misalnya, uang kos, uang listrik, nge-print tugas, beli makanan dsb, sehingga kamu bisa dengan jelas mengatahui kemana uang kamu pergi.

3.      Budgeting
Saat kamu ingin belanja, misalnya ke supermarket atau ke pasar, kamu harus tulis dulu apa-apa saja yang ingin kamu beli. Misalnya beli sabun, beli susu, beli pena, beli pembalut, shampo, dll. Jangan ke supermarket sebelum kamu membuat catatan apa saja yang ingin kamu beli. Takutnya, kalau kamu tidak menulis list nya, kamu menjadi lapar mata. Oiya, pastikan kamu ke supermarket dalam keadaan senang dan kenyang (sudah makan) ya. Karena saat kamu belanja dalam keadaan kacau atau galau dan lapar, maka kamu merasa ingin membeli semuanya untuk memenuhi hasratmu yang membuat kamu membeli apa yang kamu inginkan bukan apa yang kamu butuhkan.

4.      Punya celengan
Saat kamu kembali dari supermarket dan punya uang kembalian recehan, kamu bisa sediakan sebuah kaleng bekas untuk menyimpan uang recehan itu. Dan mengumpulkannya sehingga kamu bisa menggunakan uang itu disaat kamu mendesak.

5.      Tabungan Masa depan
Kamu bisa menabung per bulan untuk rencana masa depan dengan budget yang telah kamu tentukan sesuai dengan kesanggupan. Misalnya 100ribu perbulan atau 200ribu perbulan. Terlebih jika kaamu mempunyai target tentu akan semakin semangat dalam menabung.
Misalnya kamu ingin beli laptop baru, apabila kamu menabung dengan tips-tips diatas secara konsisten kamu pasti bisa membeli laptop tersebut dalam kurun waktu tertentu dengan uang sendiri. Tentu akan menjadi sebuah kebanggan tersendiri saat kita bisa membeli sesuatu dengan uang sendiri.
Sekian dulu tips dari aku. Semoga dapat bermanfaat dan memberikan informasi lebih. Terima kasih, sampai jumpaaaa.... assalamualaikum J

Comments

Popular posts from this blog

TIMUN MAS IN ENGLISH (Story Telling)

     Once upon a time, there was a widow who lived alone,Because there was no one on her side,she felt and dreamed of the presence of a child.In the small village.She say at heart”when I have a child,I tired of live alone”.. And she think for call BUTO IJO.             Widow  : It has been a long time I haven’t got a child, Last minnner is call buto ijo.                           (She clack his hand, and buto ijo is coming)             Buto ijo : ha..ha…ha…ha…. !! Why you called me ??             Widow              : I have one request to you it has been a long time I haven’t a child. Can                             you help me ?             Buto ijo : of course, but I have one prerequirement for you!             Widow              : what is ?             Buto ijo : If you have a child, you must give me if your child grow up.             Widow              : O.K !!!             Buto ijo : This is a seeds cucumber. And if cucumber already ripe. Pick them

TERMAKAN JANJI SENDIRI

Cerita rakyat dari Sumatera Barat Dahulu kala, di kampung Alai, di pesisir utara pantai Tiku. Ada seorang gadis bernama Puti Juilan. Ia sangat cantik namun tak ada yang berani mendekatinya karena ia adalah seorang cucu dari seorang bangsawan di negeri itu. Kakeknya seorang saudagar kaya pemilik puluhan perahu yang melayari seluruh pelabuhan di sepanjang pantai dari Natal di utara sungai sampai ke Indrapura di selatan. Pemuda yang tinggal dinegeri itu dan negeri sekitarnya kebanyakan menjadi nelayan atau anak perahu. Kalaupun banyak orang kaya atau putri turunan bangsawan yang patut-patut, semuanya telah beristri dan beranak-pinak. Hal ini menyebabkan Puti Juilan menjadi murung, lebih-lebih ketika seorang demi seorang gadis seusianya telah mendapat jodoh. Cemaslah hati kakeknya. Maka dari itu, diadakanlah pesta yang besar di gelanggang keramaian, tempat orang menghibur diri dan bercengkrama. Dikirimlah undangan kemana-mana agar orang-orang berdatangan. Sampai gelanggang ke

JENIS TEATER TRADISIONAL NUSANTARA

1.       Teater Ketoprak Ketoprak adalah jenis teater yang lahir dan berkembang di Yogyakarta sekitar 1925-1927 dengan nama awal ‘ketoprak ongkek’ atau ‘ketoprak barangan’ yang hampir setingkat dengan ngamen. Alat musik pengiringnya terdiri atas kenong, gendang, terbang dan seruling. Teater ini biasanya disajikan dengan cara menari, berjoget disertai nyanyian dan melibatkan dialog-dialog bahasa Jawa sehari-hari.                              2.       Wayang Orang Wayang orang adalah cerita yang mengambil lakon dalam kisah pewayangan (wayang purwa/wayang kulit). Kisah yang diambil seputar kisah Ramayana dan Mahabharata. Biasanya wayang ini dipentaskan dengan pemeran orang dewasa dan disajikan dengan gerakan tari.                             3.       Reog Reog adalah seni tradisional hiburan rakyat yang dipertontonkan dalam bentuk tarian di tempat terbuka. Reog mengandung unsur magis. Penari utamanya mengenakan hiasan topeng berkepala singa dengan hiasan bulu