Skip to main content

5 Bisnis Sampingan Untuk Mahasiswa yang Menjanjikan




Sebagai mahasiswa, biasanya tentu kita masih mengandalkan uang dari pemberian orang tua. Pada umur-umur mahasiswa ini, sekitar 20 tahunan kita pasti sudah memikirkan untuk mencari uang sendiri. Karena kadang kala uang yang diberikan orangtua tidak mencukupi untuk kehidupan sehari-hari dan keperluan kampus. Untuk itu kita dapat mensiasatinya dengan berbisnis sampingan. Selain mendapatkan keuntungan, bisnis sampingan ini juga tidak akan mengganggu waktu kuliah jika kita pintar mengatur waktunya.
Berikut ada 5 bisnis sampingan yang bisa dicoba oleh mahasiswa:
1.      Bisnis online
Tentu saja cara ini sudah sangat trend dan dikenal banyak orang. Kamu juga bisa mencobanya, lho! Kamu bisa sesuaikan bisnis dengan kesenanganmu. Misalnya kalau kamu suka fashion bisa menjual baju, celana atau rok. Jika kamu senang dengan make up dan skincare kamu juga bisa menjual berbagai macam make up dan skincare yang sudah kamu coba dan memang hasilnya bagus.
Kamu bisa memulai bisnis ini dengan memasarkan dahulu kepada orang-orang terdekat seperti teman atau saudara. Lalu promosikan di sosial media mu sendiri. Ajak juga teman-teman yang sudah membeli untuk men-tag-mu atau men-tag olshop mu.
2.      Driver ojek online
Cara ini bisa dicoba bagi kamu yang memiliki kendaraan seperti motor atau mobil. Saat sekarang ini ojek online memang sedang menjamur dan sangat mempermudah bagi orang-orang dalam bepergian. Kamu bisa mendaftar menjadi driver ojek online. Selain mendapat uang tambahan, kamu juga tidak terikat waktu. Kamu bisa mengambil orderan saat tidak ada kuliah atau saat libur.
3.      Jadi guru privat
Bagi kamu yang suka mengajar, suka sharing ilmu dan memiliki kemampuan otak yang oke kamu bisa mencoba bisnis les privat. Kamu bisa mengajar siswa SD, SMP atau SMA dengan pergi langsung ke rumah siswa. Dengan menjadi guru privaat kamu juga bisa bernegosiasi dengan klien untuk masalah gaji dan waktu belajarnya.
4.      Menjadi freelancer
Jika kamu memiliki keahlian di bidang IT dan memiliki hobi desain, seperti desain web, desain grafis, desain properti dll kamu bisa menjual itu semua. Ada banyak marketplace yang bisa kamu gunakan. Seperti sribu.com atau freelancer.co.id .
Selain itu kamu juga bisa menjadi pekerja lepas / freelancer untuk foto pre wedding atau foto wedding. Ini jika kamu suka dengan fotografi atau videografi. Banyak pasangan baru yang menikah di hari libur atau hari minggu sehingga tidak mengganggu waktu kuliah mu.
5.      Blogger/youtuber
Ini tentu pekerjaan yang cukup menjanjikan dan tidak mengganggu waktu kuliah kamu. Kamu bisa membuat konten yang menarik agar banyak orang yang mengunjungi channel mu. Jangan lupa mengaktifkan adsense agar kamu mendapatkan uang dari setiap viewer yang menonton youtube atau membaca blogmu.

Itulah 5 bisnis sampingan untuk mahasiswa yang bisa kamu coba. Setelah kamu mendapat uang dari bisnis tersebut, jangan lupa untuk menabung uang itu agar kamu memiliki tabungan untuk membeli sesuatu dan juga bisa dipergunakan disaat mendesak.

Comments

Popular posts from this blog

TIMUN MAS IN ENGLISH (Story Telling)

     Once upon a time, there was a widow who lived alone,Because there was no one on her side,she felt and dreamed of the presence of a child.In the small village.She say at heart”when I have a child,I tired of live alone”.. And she think for call BUTO IJO.             Widow  : It has been a long time I haven’t got a child, Last minnner is call buto ijo.                           (She clack his hand, and buto ijo is coming)             Buto ijo : ha..ha…ha…ha…. !! Why you called me ??             Widow              : I have one request to you it has been a long time I haven’t a child. Can                             you help me ?             Buto ijo : of course, but I have one prerequirement for you!             Widow              : what is ?             Buto ijo : If you have a child, you must give me if your child grow up.             Widow              : O.K !!!             Buto ijo : This is a seeds cucumber. And if cucumber already ripe. Pick them

TERMAKAN JANJI SENDIRI

Cerita rakyat dari Sumatera Barat Dahulu kala, di kampung Alai, di pesisir utara pantai Tiku. Ada seorang gadis bernama Puti Juilan. Ia sangat cantik namun tak ada yang berani mendekatinya karena ia adalah seorang cucu dari seorang bangsawan di negeri itu. Kakeknya seorang saudagar kaya pemilik puluhan perahu yang melayari seluruh pelabuhan di sepanjang pantai dari Natal di utara sungai sampai ke Indrapura di selatan. Pemuda yang tinggal dinegeri itu dan negeri sekitarnya kebanyakan menjadi nelayan atau anak perahu. Kalaupun banyak orang kaya atau putri turunan bangsawan yang patut-patut, semuanya telah beristri dan beranak-pinak. Hal ini menyebabkan Puti Juilan menjadi murung, lebih-lebih ketika seorang demi seorang gadis seusianya telah mendapat jodoh. Cemaslah hati kakeknya. Maka dari itu, diadakanlah pesta yang besar di gelanggang keramaian, tempat orang menghibur diri dan bercengkrama. Dikirimlah undangan kemana-mana agar orang-orang berdatangan. Sampai gelanggang ke

JENIS TEATER TRADISIONAL NUSANTARA

1.       Teater Ketoprak Ketoprak adalah jenis teater yang lahir dan berkembang di Yogyakarta sekitar 1925-1927 dengan nama awal ‘ketoprak ongkek’ atau ‘ketoprak barangan’ yang hampir setingkat dengan ngamen. Alat musik pengiringnya terdiri atas kenong, gendang, terbang dan seruling. Teater ini biasanya disajikan dengan cara menari, berjoget disertai nyanyian dan melibatkan dialog-dialog bahasa Jawa sehari-hari.                              2.       Wayang Orang Wayang orang adalah cerita yang mengambil lakon dalam kisah pewayangan (wayang purwa/wayang kulit). Kisah yang diambil seputar kisah Ramayana dan Mahabharata. Biasanya wayang ini dipentaskan dengan pemeran orang dewasa dan disajikan dengan gerakan tari.                             3.       Reog Reog adalah seni tradisional hiburan rakyat yang dipertontonkan dalam bentuk tarian di tempat terbuka. Reog mengandung unsur magis. Penari utamanya mengenakan hiasan topeng berkepala singa dengan hiasan bulu