Skip to main content

Mengenal Port dan Konektor


A.    KONEKTOR
Alat yang akan digunakan untuk menghubungkan semua perangkat adalah kabel. Konektor merupakan alat yang dipasang pada ujung dan pangkal kabel. Konektor ini juga dipasangkan pada bagian yang bernama port.
B.     PORT, jenis-jenis port ada 10 :
1.      Port PS/2, merupakan port female berbentuk lingkaran dengan 7 lubang. Port ini menggunakan format mini-Din yang berisi 6 pin.
2.      Port serial (com1, com2).
Komunikasi serial adalah salah satu metode komunikasi data dimana hanya satu bit data yang dikirimkan melalui seuntai kabel pada suatu waktu tertentu. Port serial merupakan port female berbentuk huruf D yang terdiri atas 9 pin/
3.      Port paralel (LPT1 atau LPT2)
Port ini merupakan penghubung yang umum dipakai dalam komputer. Port ini merupakan port female berbentuk huruf D dengan 25 pin.
4.      Port USB
Universal Serial Bus (USB) adalah standar bus serial untuk perangkat penghubung.
5.      Port VGA
Port yang tidak kalah pentingnya adalah port VGA (Video Graphic Adapter). Port ini memiliki 15 pin.
6.      Port Audio dan Microphone
Port audio dan microphone biasanya terletak pada sound card.
7.      Port Ethernet
Sebuah standar LAN meliputi kabel dan skema protokol komunikasi yang dikembangkan oleh Xerox Corporation. Port ethernet memiliki lampu indikator yang menunjukkan terhubung tidaknya komputer ke jaringan dan menunjukkan status koneksi yang sedang aktif.
8.      Port SCSI
SCSI (Small Computer Serial Interface) merupakan antarmuka paralel yang dirancang untuk menghubungkan komputer ke aneka perangkat berkecepatan tinggi, seperti hard disk dan CD-Rom Drive.
9.      Port IEEE (Fire Wire)
Port ini sering juga disebut sebagai antarmuka fire wire. Antarmuka ini mampu mengantarkan data pada bitrate sebesar 400 MB/detik.
10.  Port International Electronical Commision (IEC)
Port ini digunakan untuk mengalirkan arus listrik ke dalam monitor maupun casing.

C.     MERANGKAI PERANGKAT KOMPUTER
1.      Langkah-langkah memasang kabel power casing:
a.       Siapkan kabel power yang dilengkapi konektor IEC.
b.      Tancapkan konektor IEC pada port IEC.
2.      Langkah-langkah untuk menyambungkan casing dan monitor:
a.       Siapkan kabel penghubung casing dan monitor.
b.      Kuatkan posisi konektor dengan cara mengencangkan baut.
3.      Langkah-lagkah menyambungkan casing dan mouse:
a.       Siapkan konektor jenis PS/2.
b.      Tancapkan konektor mouse pada port USB.
4.      Langkah-langkah menyambungkan casing dan keyboard:
a.       Menancapkan konektor PS/2 pada port berwarna ungu.
b.      Tancapkan konektor USB pada port USB.
5.      Langkah-langkah menyambungkan casing dengan jaringan:
a.       Siapkan kabel jaringan beserta konektor yang sesuai.
b.      Tancapkan konektor tersebut pada port Ethernet.
6.      Langkah-langkah menyambungkan speaker dan casing:
a.       Hubungkan speaker ke sumber listrik.
b.      Tancapkan konektor TRS pada port berwarna hijau muda.
7.      Langkah-langkah menghubungkan monitor dan casing dengan UPS;
a.       Siapkan kabel power monitor.
b.      Tancapkan konektor IEC pada port yang sesuai.
c.       Tancapkan kabel dari casing dan monitor ke UPS.
8.      Langkah-langkah menghubungkan UPS ke sumber listrik :
a.       Siapkan kabel power UPS.
b.      Tancapkan konektor pada port yang sesuai.
c.       Tancapkan kabel ke sumber listrik.

Comments

Popular posts from this blog

TIMUN MAS IN ENGLISH (Story Telling)

     Once upon a time, there was a widow who lived alone,Because there was no one on her side,she felt and dreamed of the presence of a child.In the small village.She say at heart”when I have a child,I tired of live alone”.. And she think for call BUTO IJO.             Widow  : It has been a long time I haven’t got a child, Last minnner is call buto ijo.                           (She clack his hand, and buto ijo is coming)             Buto ijo : ha..ha…ha…ha…. !! Why you called me ??             Widow              : I have one request to you it has been a long time I haven’t a child. Can                             you help me ?             Buto ijo : of course, but I have one prerequirement for you!             Widow              : what is ?             Buto ijo : If you have a child, you must give me if your child grow up.             Widow              : O.K !!!             Buto ijo : This is a seeds cucumber. And if cucumber already ripe. Pick them

TERMAKAN JANJI SENDIRI

Cerita rakyat dari Sumatera Barat Dahulu kala, di kampung Alai, di pesisir utara pantai Tiku. Ada seorang gadis bernama Puti Juilan. Ia sangat cantik namun tak ada yang berani mendekatinya karena ia adalah seorang cucu dari seorang bangsawan di negeri itu. Kakeknya seorang saudagar kaya pemilik puluhan perahu yang melayari seluruh pelabuhan di sepanjang pantai dari Natal di utara sungai sampai ke Indrapura di selatan. Pemuda yang tinggal dinegeri itu dan negeri sekitarnya kebanyakan menjadi nelayan atau anak perahu. Kalaupun banyak orang kaya atau putri turunan bangsawan yang patut-patut, semuanya telah beristri dan beranak-pinak. Hal ini menyebabkan Puti Juilan menjadi murung, lebih-lebih ketika seorang demi seorang gadis seusianya telah mendapat jodoh. Cemaslah hati kakeknya. Maka dari itu, diadakanlah pesta yang besar di gelanggang keramaian, tempat orang menghibur diri dan bercengkrama. Dikirimlah undangan kemana-mana agar orang-orang berdatangan. Sampai gelanggang ke

JENIS TEATER TRADISIONAL NUSANTARA

1.       Teater Ketoprak Ketoprak adalah jenis teater yang lahir dan berkembang di Yogyakarta sekitar 1925-1927 dengan nama awal ‘ketoprak ongkek’ atau ‘ketoprak barangan’ yang hampir setingkat dengan ngamen. Alat musik pengiringnya terdiri atas kenong, gendang, terbang dan seruling. Teater ini biasanya disajikan dengan cara menari, berjoget disertai nyanyian dan melibatkan dialog-dialog bahasa Jawa sehari-hari.                              2.       Wayang Orang Wayang orang adalah cerita yang mengambil lakon dalam kisah pewayangan (wayang purwa/wayang kulit). Kisah yang diambil seputar kisah Ramayana dan Mahabharata. Biasanya wayang ini dipentaskan dengan pemeran orang dewasa dan disajikan dengan gerakan tari.                             3.       Reog Reog adalah seni tradisional hiburan rakyat yang dipertontonkan dalam bentuk tarian di tempat terbuka. Reog mengandung unsur magis. Penari utamanya mengenakan hiasan topeng berkepala singa dengan hiasan bulu